• Direktorat Keuangan TNI Angkatan Darat
Ditkuad Beri Bimtek Keuangan Kepada Kudam XVI/Pattimura
Kliping Berita • Minggu, 01/09/2019 • admin
 

SHARE

KBRN, Ambon: Keuangan Kodam (Kudam) XVI/Pattimura menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Keuangan Triwulan II Tahun 2017 oleh Tim Subdit Akuntansi Dirjen Keuangan Angkatan Darat bertempat di Aula Kuwera Kudam Jl.A Yani, Batu Gaja, Sirimau, Kota Ambon pada Selasa (23/05/20117).

Pemateri pada Bimtek Laporan Keuangan Triwulan II TA.2017 ini adalah Direktur Keuangan Angkatan Darat Brigjen TNI Sasongko Hardono sebagai Ketua Tim Bimtek LK TA.2017.

Brigjen TNI Sasongko Hardono dalam amanatnya mengatakan dihadapkan dengan reformasi yang sedang berjalan, Kementrian Pertahan dan TNI sebagai bagian dari pemerintah dituntut melakukan reformasi internal sesuai dengan undang - undang dan aturan yang berlaku. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu menciptakan "Good and Clean Governance". Untuk itu Pimpinan TNI AD sudah mengambil beberapa kebijakan guna mewujudkan TNI AD yang bersih. Salah satu kebijakan yang diambil adalah dengan cara memberlakukan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebagai otorisasi terhadap beberapa akun yang sudah diterapkan mulai tahun 2013.

"Saya mengingatkan kembali ikuti kegiatan bimtek ini secara serius dan tanyakan hal-hal yang tidak jelas kepada Tim Bimtek, sehingga tercipta SDM yang memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi dalam menyusun Laporan Keuangan yang Transparan dan akuntabel" ujar Brigjen TNI Sasongko Hardono.

Lebih Lanjut Brigjen TNI Sasongko Hardono menuturkan Laporan Keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, LO, LPE dan Catatan Atas Laporan Keuangan tidak dapat disusun tanpa kerjasama dari unsur keuangan, unsur anggaran dan unsur logistik satuan. Untuk membuat sebuah laporan keuangan dibutuhkan pertanggung jawaban atas kebenarannya sesuai aturan dan perundang - undangan yang berlaku (akuntabel). Maka dari itu perlu SDM pejabat Akuntansi dan Operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) yang mempuni dalam menjalankannya.

Selain Kakudam Kolonel Cku Drs. Abdul Djalil Tuasikal dan Wakakudam Letkol Cku Harrsys Yunianto kegiatan ini juga diikuti oleh Perwira Keuangan Satuan Kerja (Paku Satker), dan seluruh Staf Kudam XVI/Pattimura baik Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil. (PENDAM 16/ NAL/AA)





Loading...